Mengenal Tiga Macam Media Tanam Bonsai

Media tanam bonsai tidaklah sembarangan dengan menggunakan media yang ada, namun harus memenuhi beberapa syarat bahwa media tersebut layak untuk dijadikan media tanam bonsai. Syarat media tanam bonsai yang harus dipenuhi antara lain:
  •  Mampu menyerap serta menahan air yang masuk ke dalam media tanam dengan baik.
  •  Media tanam memiliki kepadatan yang tidak terlalu kuat, untuk memudahkan akar bonsai untuk bernafas.
  •  Media tanam harus mampu membuang kelebihan air yang masuk.
Dari persyaratan di atas, dapat diambil keseimpulan bahwa media tanam yang memenuhi kriteria di atas bisa dikomposisikan dari bahan tanah, pasir, serta pupuk kandang.

media tanam bonsai

Tips dan Cara Memilih Media Tanam Bonsai      

1.   Media Tanah
Untuk media tanam bonsai menggunakan tanah, usahakan pilihlah tanah yang berwarna coklat agak kehitaman, dengan tekstur yang tidak terlalu padat, dan merupakan tempat hidup beberapa cacing tanah. Tanah yang seperti itu akan mudah Anda dapatkan di bawah pepohonan yang banyak memiliki daun berguguran, dan daun-daun tersebut dibiarkan membusuk. Tidak kami rekomendasikan memilih media tanam bonsai dari tanah liat, karena tanah liat cenderung memiliki tingkat kepadatan lebih tinggi, sehingga akan membuat bonsai sulit bernafas.

2.   Media Pasir
Campuran pasir sebagai media tanam bonsai sangat diperlukan mengingat tekstur pasir yang tidak menggerombol alias terpisah berbulir-bulir, maka itu akan membantu memudahkan akar menghirup oksigen serta mengambil makanan dalam tanah. Pasir sebaiknya Anda ambil dari pinggiran sungai atau pasir gunung dan berukuran yang sama. Hal tersebut bisa Anda siasati dengan mengayak pasir untuk mendapatkan bulir pasir yang seragam.

3.   Media Pupuk Kandang
Pupuk kandang yang bagus untuk digunakan sebagai media tanam bonsai adalah pupuk yang tidak berbau menyengat dan memiliki warna kehitaman, atau dengan kata lain, pupuk haruslah sudah jadi, bukan yang masih dalam proses pembuatan pupuk. Pupuk yang sudah jadi berguna untuk menyuburkan tanaman, dan menghindari terjadinya pembusukan akar.

Itulah tiga media tanam bonsai yang sangat direkomendasikan untuk tanaman bonsai. Temukan informasi lainnya seputar bonsai hanya di sini tempatnya!!!

No comments :

Post a Comment

Leave A Comment...