Menilik Keunikan Tanaman Bonsai

Bonsai merupakan teknik menanam di dalam pot dengan cara dikerdilkan sehingga terbentuklah sebuah miniatur tanaman yang menyerupai tanaman atau pohon aslinya. Teknik menanam bonsai sendiri sebenarnya merupakan suatu seni menanam asal Jepang yang kini telah populer di berbagai negara termasuk Indonesia. Selain keindahan yang dimilikinya, Bonsai ini juga memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri sehingga banyak sekali orang yang ingin memilikinya. Keindahan dan keunikan tanaman bonsai sendiri ditonjolkan dari batang, dahan, daun dan juga akar yang bisa dibentuk sedemikian rupa dengan teknik pemangkasan ataupun perawatan. Selain itu masih banyak keunikan tanaman bonsai lainnya yang akan membuat Anda semakin tertarik untuk memiliki tanaman yang satu ini.

keunikan bonsai

Daya Tarik Dan Keunikan Tanaman Bonsai
Sebenarnya keunikan tanaman bonsai itu terletak pada bentuknya yang relatif kecil dan disebut sebagai miniatur dari pohon aslinya yang besar dan tua. Pohon yang bisa dibonsai atau dikerdilkan sendiri biasanya adalah pohon cemara, pohon asam, pohon beringin, pohon kelapa, pohon serut dan lainnya. Bibit pohon-pohon ini kemudian ditanam di dalam pot dengan membentuknya sedemikian rupa sehingga meskipun kecil, tapi tetap menyerupai aslinya. Pembentukannya sendiri dilakukan dengan pemotongan ataupun menggunakan kawat yang dililitkan pada cabang atau dahan pohon untuk mendapatkan bentuk yang diinginkan.

Keunikan tanaman bonsai lainnya yang membedakannya dari tanaman lainnya adalah ukuran. Ukuran tanaman bonsai ini memiliki varian yang cukup banyak sehingga dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis bonsai seperti bonsai dengan ukuran yang sangat kecil, kecil, sedang, besar hingga sangat besar. Selain itu, bonsai juga memiliki gaya tersendiri dengan bentuk batang pohonnya yang berbeda-beda seperti tegak lurus, menggantung, miring, tegak berliku, dan lainnya. Ada bonsai yang memiliki mahkota dan ada pula yang tak memiliki mahkota.

Dan daya tarik bonsai yang tak kalah menariknya adalah umurnya yang bisa bertahan hingga mencapai puluhan bahkan ratusan tahun. Hal ini tentu saja membuat orang semakin tertarik untuk memilkinya termasuk Anda. Terakhir, tanaman bonsai memiliki harga yang relatif tinggi sehingga bisa Anda jadikan sebagai salah satu sumber penghasilan Anda. Nah itulah beberapa keunikan tanaman bonsai yang bisa kami ulas untuk Anda. Semoga bermanfaat.

No comments :

Post a Comment

Leave A Comment...