Perawatan Bonsai Indor yang Ditempatkan di Dalam Ruangan

Pemilihan penempatan bonsai adalah hal penting yang sangat berpengaruh bagi perkembangan dan pertumbuhan bonsai.  Di dalam ruangan cenderung lebih gelap, lebih hangat dan lebih kering dibandingkan dengan luar ruangan.  Jadi sangat perlu mempertimbangkan mengenai  cahaya matahari, suhu dan kelembaban ketika menempatkan bonsai di dalam ruangan.

Bonsai membutuhkan cahaya yang cukup. Penempatan di dekat jendela bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan demikian bonsai akan mendapatkan asupan cahaya matahari yang cukup.

Perawatan Bonsai Indor

Usahakan bonsai tidak ditempatkan di dekat radiator, televisi dan sumber panas lainnya. Terlalu dekat dengan sumber panas seperti itu akan membuat bonsai menjadi kering

Bonsai biasanya disimpan dalam pot kecil, karena ini, bonsai membutuhkan penyiraman secara cukup dan teratur. Dalam cuaca hangat, bonsai harus disiram secara lebih intens. Ketika air di bagian atas tanah terasa kering ketika disentuh, itu mengindikasikan bonsai perlu asupan air. Sirami bonsai di bagian permukaan tanah, sehingga air akan segera menyerap ke dalam tanah.

Sama halnya seperti tanaman yang lain, bonsai juga membutuhkan makanan atau pupuk. Pupuk bonsai bisa berupa cairan atau butiran. Cara penggunaan pupuk cair adalah dengan dicampur air dan disiramkan ke permukaan tanah, sehingga akan diserap oleh akar. Sedangkan pemakaian pupuk butiran, tinggal ditaburkan di atas permukaan tanah.

Perawatan selanjutnya adalah pemangkasan bonsai. Pemangkasan dilakukan untuk menjaga kesehatan dan bentuk bonsai.

Bonsai yang telah tumbuh beberapa tahun perlu di re-pot. Caranya dengan mengangkat pohon bonsai dari pot, kemudian memotong akarnya yang terlalu panjang. Setelah itu masukan tanah baru dalam pot, letakan kembali pohon bonsainya, isi ruang yang kosong dengan tanah. Langkah terakhir adalah sirami bonsai dengan air.

Demikian langkah- langkah yang perlu dilakukan dalam perawatan bonsai indoor. Temukan artikel menarik lainnya seputar bonsai hanya di sini tempatnya.

No comments :

Post a Comment

Leave A Comment...